Rabu, 22 Desember 2010

Karakteristik media Promkes


Karakteristik media promosi kesehatan:
1.      Sarana media Above the line
2.      Sarana  media Below the line

1.        Media Above Line (Media Lini Atas)
a.    Media Cetak
Contoh: Surat kabar, majalah, tabloid
-       Kelebihan :
1)        Bersifat permanen karena penyampaian pesan dilakukan secara berulang-ulang sehingga ada pendalaman efek
2)        Bersifat Space Organized sehingga isi lebih rinci dan mendalam
3)        Komunikan dapat menentukan waktu dalam menikmati isi pesan
4)        Repeatable, dapat di baca berkali-kali dengan menyimpannya atau menglipingnya.
5)        Analisa lebih tajam, dapat membuat orang benar-benar mengerti isi berita dengan analisa yang lebih mendalam dan dapat membuat orang berfikir lebih spesifik tentang isi tulisan.
-       Kelemahan :
1)        Komunikan tidak mampu membaca
2)        Menuntut kemauan membaca, jika reading habbitnya rendah akan sulit
3)        Mahal
4)        Memerlukan konsentrasi
5)        Lambat, dari segi waktu media cetak adalah yang terlambat karena media cetak tidak dapat menyebarkan langsung berita yang terjadi kepada masyarakat dan harus menunggu turun cetak. Media cetak sering kali hanya memuat berita yang telah disebarluaskan oleh media lainnya.
6)        Tidak adanya audio, media cetak hanya berupa tulisan yang tentu saja tidak dapat didengar.
7)        Visual yang terbatas, media cetak hanya dapat memberikan visual berupa gambar yang mewakili keseluruhan isi berita.
8)        Produksi, biaya produksi yang cukup mahal karena media cetak harus mencetak dan mengirimkannya sebelum dapat dinikmati masyarakat.

b.    Media Radio
Media ini banyak diandalkan oleh masyarakat.
-       Kelebihan :
1)        Santai dan praktis
2)        Daya langsung
3)        Mengatasi bagi yang buta huruf
4)        Bersikap akrab dan personal
-       Kekurangan :
1)        Hanya sekilas dengar
2)        Banyak gangguan
3)        Tidak dapat menyampaikan pesan yang kompleks
4)        Pesan kurang atraktif

c.    Media Televisi
-       Kelebihan :
1)        Merekam dengan distorsi rendah
2)        Digunakan secara berulang-ulang oleh audience yang heterogen
3)        Mampu mgungkap peraaan dengan gambar, musik, maupun kata sehingga multiple effect
4)        Mampu mengajak penonton sehingga pendekatan individu melalui tokoh
5)        Dapat mengemukakan individu yang abstrak
-       Kekurangan :
1)        Mahal
2)        Komunikan dituntut intensitas perhatian
3)        Kurang akrab

d.   Media Film
Film meruapakan media yang bersifat menghibur, tapi dapat disisipi dengan pesan-pesan yang bersifat edukatif. Sasaran media ini adalah kelompok besar, dan kolosal. Kekurangan dan kelebihan sama dengan media televisi karena sifatnya yang audio visual.
-            Kelebihan :
1)            Merekam dengan distorsi rendah
2)            Digunakan secara berulang-ulang oleh audience yang heterogen
3)            Mampu mgungkap peraaan dengan gambar, musik, maupun kata sehingga multiple effect
4)            Mampu mengajak penonton sehingga pendekatan individu melalui tokoh
5)            Dapat mengemukakan individu yang abstrak
-            Kekurangan :
1)            Mahal
2)            Komunikan dituntut intensitas perhatian
3)            Kurang akrab


2.        Media Below The Line (Media Lini Bawah)
a.         Poster
Berupa lembaran-lembaran cetak yang terdiri dari dua aspek yaitu aspek verbal (naskah dan teks) dan visual (ilustrasi). Poster juga bisa berupa selembar kertas dengan ketebalan tertentu yang isinya didesain sedemikian rupa sehingga mampu menarik perhatian orang-orang yang melihatnya. Berisi pemberitahuan dengan pesan-pesan yang persuasive. Untuk itu poster harus ditempatkan/ditempelkan di tempat-tempat umum/keramaian yang tentunya disesuaikan dengan jenis posternya, dalam hal ini adalah tempat-tempat yang berhubungan dengan dunia seni dan pendidikan. Lebih singkatnya poster dapat didefinisikan sebagai plakat berupa pengumuman atau iklan yang dipasang di tempat umum (WJS Poerwadarminta, 1986:783)
Poster adalah sehelai kertas atau papan yang berisikan gambar-gambar dengan sedikit kata-kata. Katakata dalam poster harus jelas artinya, tepat pesannya dan dapat dengan mudah dibaca pada jarak kurang lebih 6 meter. Poster biasanya ditempelkan pada suatu tempat yang mudah dilihat dan banyak dilalui orang misalnya di dinding balai desa, pinggir jalan, papan pengumuman, dan lain lain. Gambar dalam poster dapat berupa lukisan, ilustrasi, kartun, gambar atau photo.
Poster terutama dibuat untuk mempengaruhi orang banyak, memberikan pesan singkat. Karena itu cara pembuatannya harus menarik, sederhana dan hanya berisikan satu ide atau satu kenyataan saja. Poster yang baik adalah poster yang mempunyai daya tinggal lama dalam ingatan orang yang melihatnya serta dapat mendorong untuk bertindak.
-            Kelebihan :
1)             Bahasa singkat, sederhana, dan mudah dipahami
2)             Menggunakan huruf besar sehingga tetap terlihat pada jarak jauh
3)             Ilustrassi bervariasi, yang berupa gambar, foto, dan warna yang menarik
4)             Pesan yang sederhana, misalnya menunjukan produk
5)             Ukuran bervariasi, ada besar dan ada kecil
6)             Wilayah sesuai keinginan
-            Kelemahan :
1)             Luas jangkauan terbatas karena bersifat local
2)             Tidak dapat memilah khalayak
3)             Khalayak hanya melihat sepintas



b.         Leaflet
Berupa lembaran, tanpa lipatan, jumlah satu lembar, dan dirancang khusus. Merupakan jenis pamflet atau brosur yang paling populer. Biasanya terdiri dari satu lembar saja dengan cetakan dua muka. Namun yang khas dari leaflet adalah adanya lipatan yang membentuk beberapa bagian leaflet seolah-olah merupakan panel atau halaman tersendiri.
Kualitas cetakan leaflet biasanya bagus, dibuat dengan desain yang menarik, dan berisi informasi yang lengkap baik berupa gambar maupun tulisan. Karena  bentuknya lipatan, pembuatan leaflet biasanya memperhatikan sisi psikologi orang membuka leaflet, sehingga desainnya pun dibuat untuk memudahkan orang menerima informasi yang ada pada leaflet tanpa terlalu banyak membolak-balik leaflet. Dibanding dengan media promosi lain (booklet, katalog, flyer), leaflet sangat sering dijumpai karena bisa digunakan untuk bermacam hal misalnya mengenalkan produk, sebagai katalog mini atau booklet mini, profil perusahaan, dan lain sebagainya.
c.         Bentuk Booklet
Bentuk buku meskipun hanya satu lembar. Tetapi biasanya terdiri dari beberapa halaman dan seringkali memiliki sampul, halaman judul, dijilid baik secara sederhana menggunakan staples maupun dijilid dengan hiasan misalnya menggunakan ring. Sejumlah produk konsumen seperti barang elektronik (misalnya handphone), sering menyertakan buklet berisi spesifikasi produk atau penjelasan cara penggunaan (manual book) secara ringkas. Booklet atau buklet yang menyertai barang elektronik kadang-kadang memiliki jumlah halaman yang banyak dan tidak untuk habis dibaca dalam satu kali kesempatan. Album rekaman, seperti kaset atau CD sering menyertakan buklet yang berisi lirik lagu, foto, dan nama-nama artis pendukung. Booklet yang biasanya terlihat seperti sebuah buku mini, bukan merupakan sarana beriklan secara langsung.

-            Kelebihan leaflet dan booklet :
1)             Dapat disimpan sehingga dapat dibaca berulang-ulang
2)             Isinya dapat terperinci
3)             Desain cetak, ilustrasi dibuat menarik
4)             Mampu memilah khalayak
-            Kekurangan :
1)             Adanya nir massa yaitu khalayak yang tidak tercover
2)             Tidak cocok untuk audience dengan tingkat pendidikan rendah
3)             Adanya eye catcher yaitu umpan menangkap mata tetapi tergantung ilustrasi, desain, jenis kertas, dan kualitas cetak.

1 komentar:

  1. What is 1xbet korean? - Legalbet.co.kr
    1xbet is a relatively new online sportsbook. There were no online 1xbet casinos until 2016, and it deccasino still 바카라 사이트 has a strong presence in Korea.

    BalasHapus